Kuntilanak

3 Nov
Kuntilanak

Kuntilanak

SPOILER ALERT!

Jam 12 siang, waktu saya lagi makan potongan pizza ke sekian di meeting room lt. 5 Gedung Aminta, ada SMS masuk. “Hari ini ngantor ngga?”, dari sahabat saya Anjas. Hehehehe, saya udah hapal, klo dia ngeSMS saya pas jam kantor, pasti karna email dia dari pagi ngga saya bales.”Masuk. Lagi meeting di Thiess, TB Simatupang”

Pas udah sampai kantor, saya cek email dan bener ternyata ada email yang masuk jam 9 pagi, 1 jam setelah saya berangkat ke Thiess “Mau nonton film rizal mantovani yang kuntilanak nggak?”. Hmmm, sok disambung-sambungin deh, mentang-mentang hari kamis trus nontonnya pilem horor. Setelah browsing dan telepon sana-sini, diputuskan klo kami mo ngikut shift nonton di Megaria jam 6.15PM.

Dari kecil, ortu ngga pernah “ngajarin” saya nonton film horor. Mungkin karna ngga mau repot ya, soalnya klo anak kecil habis nonton film horor kan jadi manja. Pipis minta dianterin, bobo minta ditemenin, halaaah… Di tivi (dulu), film horor biasanya diputer di atas jam 10, which means either saya udah bobo, atau ortu udah bobo (ngga mungkin dong saya nonton film horor sendiri?). Makanya saya ngga terlalu familiar sama genre ini. Seinget saya, film hantu/setan/dedemit dan sebangsanya yang pernah saya tonton di bioskop cuma Bram Stoker’s Dracula, Sleepy Hollow dan The Amityville Horror.

Kuntilanak dibuka dengan cerita tentang Samantha (Julie Estelle) yang karna kedua orang tuanya meninggal, harus tinggal sama ayah tirinya. Ayah tiri Sam sering ngelecehin dia (sexually), jadi Sam milih untuk ngekos. Karna alasan murah, Sam mau aja tinggal di kos-kosan yang bentuknya kayak rumah hantu. Plis deh, klo menurut saya mah, no one in their right mind bakal mau ngekost di situ, eeeh, di sini malah digambarin klo kos-kosannya penuh :p

Bangunan kosnya udah kuno banget dan ngga terawat. Banyak lumut dan bekas rembesan air di sana-sini, tanaman menjalar di dinding dan atap rumah, and as an added bonus, ada area kuburan plus pohon (beringin?) segede gaban di depan kos. Jangankan ngekos, disuruh mampir ke sana aja klo saya mah ogah. Hari pertama Sam dateng, Ibu kosnya cerita tentang sejarah rumah itu, dan sempat nyanyiin Durga, tembang yang katanya bisa dipake buat manggil kuntilanak. Hekekeke, some welcoming party πŸ™‚

Sejak itu, tiap Sam berantem sama penghuni kos yang lain, tiba-tiba dia kayak trance gitu sambil nembang Durga. Habis itu lawan bicaranya akan mimisan, dan beberapa jam kemudian bakal ngalamin kecelakaan yang bikin kepalanya keplintir (kayak film Blood Sport ajah :D). Menjelang akhir film, dijelasin asal muasal kuntilanak di rumah itu, dan kenapa Sam bisa “membunuh” temen-temennya sendiri. Endingnya bagus, ngejawab semua pertanyaan, yet ninggalin rasa penasaran di benak penonton.

Di 3/4 film, sosok kuntilanak cuma ditampilin sebagai bayangan berkelebat atau sosok setengah jelas (setengah blur) di background. Which is quite good, actually, ngagetin sekaligus made you crave for more *halaaah*. Wujud aslinya juga cukup nyeremin, meski adegan sama kuntilanak kecil (kuntilanak-anak? :D) menurut saya sih ngga nyambung. Julie Estelle mainnya bagus, Ratu Felisha lumayan (kayaknya dia klo main film/sinetron, karakternya ngga jauh-jauh dari itu deh), Evan Sanders basi. Satu lagi yang ngga nyambung, baju tidurnya cewek-cewek kos itu lho… (termasuk Estelle & Felisha) huhuyyy! Mungkin emang gitu yah cara berpakaian anak muda jaman sekarang πŸ˜€

Overall verdict-nya OK, tingkat keseraman medium lah, ngga seserem Dracula yang atmosfirnya gloomy terus. Beberapa hal yang mengganggu acara nonton saya kemaren:
– Ngga dapet kursi belakang, jadi seluruh layar bioskop ngga bisa kecapture dengan nyaman di mata sayah. Mungkin karna belinya di hari-hari awal penayangan, jadi 1 jam sebelum jam mulai pun, antrian dah panjang.
– Banyak yang jejeritan di dalem bioskop waktu kuntilanaknya lewat. Plis deh, jejeritan mah di Dufan aja kaleee.
– Nonton bareng orang dudul yang ngajakin ngomong melulu. Doooh, ngobrol tuh di Starbucks mas, bukan di bioskop.

Saya lebih suka nonton dengan “serius”, jadi atmosfir yang diinginkan si sutradara bisa tercipta dengan sempurna, adrenalin mengalir dengan lancar. Klo mo nonton sambil ngobrol, buy a DVD, jangan ke bioskop. Buat apa bayar mahal-mahal buat nonton film horor klo sayanya ngga tertakuti? Eh ngga deng, kan dibayarin *thx ya Njas :D*

foto diambil dari hxxp://www.21cineplex.com/play/readfilm.cfm?id=1538

One Response to “Kuntilanak”

  1. Dipo Prasetyo 17 November, 2006 at 12:32 am #

    wah spoil neh… tp ga pa pa la, congratz lah buat bung rijal… garap nya ga maen2, walopun di sana sini msh ada kekurangan… gw rasa perlu sekuel lanjutan deh biar pertanyaan2 bisa terjawab… lagian sosok kuntilanak n genre tembang durga itu ga ada hubungannya, krn si sutradara melihat poin2 ini penting di film booming sebelonnya 'jaelangkung'… gw pribadi seh ga terlalu suka ama themes/alur cerita yg agak2 terlalu western, tp untuk ngangkat misteri kuntilanak kayak nya mm riset yg panjang… hal2 itu yg membuat gw salut sekali lg buat mantovani… next: bangku kosong, kira2 kayak apa ya?

    Like

Leave a Reply

