Aye Text-to-MP3

4 Dec
Aye Text-to-MP3

Aye Text-to-MP3

Sejak pindah ke kantor baru, ada salah satu kebiasaan saya yang I truly missed: baca ebook sepanjang perjalanan ke kantor. Sekarang saya tiap pagi harus naik bis (non AC), jadi agak ngga nyaman klo harus buka2 PDA. Terbengkalailah seri Alex Cross no.1 yang udah mulai saya baca sejak bulan puasa.

Bukan Dinda namanya klo masalah remeh kayak gitu aja ngga bisa saya selesein. Cukup browsing bentar, saya nemu beberapa software text-to-speech yang bisa nge-save dokumen ke format audio. Setelah beberapa donlod, beberapa trial & error, beberapa install-uninstall, pilihan saya jatuh ke Aye Text-to-Mp3.

Interface-nya simpel banget, tinggal open file atau paste dokumen yang mau kita convert, ke layar yang udah disediain. Ngga pake hang atau lemot meskipun nge-paste 300 halaman (MS Word aja kadang lambat banget). Habis itu tinggal pilih, mau diconvert ke wav, mp3, atau wma. Saya biasa pake yang wav, karna yang mp3 & wma selalu error di kompie saya. Mungkin karna media player atau winamp saya blom versi terakhir ya, jadi saya blom punya codec yang dibutuhkan.

Cuma butuh beberapa menit buat ngeconvert 100 halaman buku (sekitar 50 halaman A4). Saya pilih suara LH Michelle dan speed-nya saya bikin -2. Hasil akhirnya adalah file *.wav segede 1,sekian giga dengan durasi 2 jam 30 menit.

Selanjutnya saya pake Accoustica Audio Converter (atau dBPowerAmp) dan spare waktu 15 menit untuk ngubah file *.wav-nya jadi file *.mp3 segede 55MB. Habis itu tinggal dipindah ke SD Card, and voila! Siap untuk didengarkan di atas bis.

Klo menurut saya mah recommended deh, terutama buat commuter kayak saya. Akhirnya saya cuma butuh sehari buat nyelesain buku James Patterson itu, 1.5 jam didengerin waktu perjalanan berangkat, dan 1 jam di perjalanan pulang.

info lengkap bisa ke hxxp://www.ayesoftware.com/

4 Responses to “Aye Text-to-MP3”

  1. Bambang laresolo 4 December, 2006 at 1:17 pm #

    baca dan dengar kenikmatannya beda khan?

    Like

  2. Adinda Erisyanita 4 December, 2006 at 4:14 pm #

    hehehehe, iya sih mas. tapi tetep aja masih bisa dinikmatin kok. cuma berkurang dikiiiiit ajah…

    Like

  3. Adit ting2 8 December, 2006 at 4:17 pm #

    ada inulnya din?hehe…

    Like

  4. Adinda Erisyanita 8 December, 2006 at 4:34 pm #

    japri… 🙂

    Like

Leave a Reply

