Soto Sinar Pagi (Medan)

4 Feb
Soto Sinar Pagi

Soto Sinar Pagi

Sabtu sore waktu saya lagi di kamar, Ridwan, sahabat saya yang lagi dinas di Nias, ngirim SMS yang isinya kurleb begini: sarapan di rm sinar pagi aja, cobain soto medan. Saya sebenernya pengen sarapan pake bihun bebek, tapi berhubung Ridwan ngga bisa kasih rekomendasi bihun bebek yang enak, dan sinyal xl di kamar sekarat banget (jangankan buat GPRS apalagi 3G, buat telp aja putus-putus :p), diputuskanlah soto medan sebagai menu sarapan.

Jam 10an saya dan Mbak Susi nyetop betor buat nganter kami ke Sinar Pagi. Menurut catetan saya, Sinar Pagi ini adanya di Jl. Sei Deli, dan Ridwan nambahin klo lokasinya deket bundaran Petisah. Eh kok ndilalah dapet tukang betor yang masih newbie, jadi dia ngga tau di mana itu Jl. Sei Deli. Begitu ketemu pangkalan betor, si abang nanya ke teman-temannya, di manakah Jl. Sei Deli? Trus temennya jawab gini: “Kau tau soto Sinar Pagi? Nah itulah Jl. Sei Deli.” Hayyyaaaaaaaaaaaah!

Akhirnya setelah jalan ke arah bundaran Petisah dan agak akrobat dikit karna salah jalur, kami sampe di rumah makan yang legendaris itu. Di depan jalannya tertulis Jl. Sungai Deli, bukan Jl. Sei Deli (ngga tau mana yang bener :p). Ongkos betornya 10ribu saja dari Jl. Lobak (Pattimura). Tempatnya sederhana banget, dapur tempat meracik soto ada di depan pintu masuk, trus saya dan Mbak Susi milih tempat yang agak dalam. Soto campur 2, dimakan di tempat, dan 1 soto ayam dibungkus buat Ibunda.

Suwandi, teman milis gadget saya bilang klo dia pernah ketemu Bupati Medan waktu lagi makan di sana. Hmmm… reputasinya OK juga yah. Meskipun yang dateng rammmeee, tapi ngga gitu sulit buat dapetin tempat duduk karna pelayanannya cepet. Ngga nyampe 2 menit saya duduk dan pesen minum (es teh tawar, tentunya), seporsi soto udah muncul di atas meja.

Sotonya mirip soto betawi, berkuah santan dengan potongan-potongan daging sapo beserta jeroan. Tapi waktu dicoba… waks, enyaaak! Kaya bumbu dan kaya rasa, selera saya banget lah! Kuahnya ngga bikin eneg, malah cenderung seger dan bikin pengen terus-terusan nyendok. Klo diliat sih mangkuknya kecil yah, tapi isinya penuh dan dagingnya banyak, jadi makan seporsi aja udah kenyang.

Semangkok soto + nasi cuma harus dituker sama duit 13K. Selain soto kayaknya sekilas saya liat nasi-nasian dan lauk a la RM Padang, tapi saya ngga tertarik buat nyoba. Verdict-nya must try lah klo lagi ke Medan πŸ™‚

 

RM Sinar Pagi
Jl. Sei Deli 2D
061 4530728

Advertisements

5 Responses to “Soto Sinar Pagi (Medan)”

  1. Arie Parikesit 4 February, 2008 at 10:02 am #

    enyak tuh Sinar Pagi, kalau Bihun Bebek di Jl, Gandhi deket Chinatown or Bihun Bebek Kumango Jl, Kumango, jam 6 udah buka. Kalau Bihun Kari Ayam/Sapi Jl. Wajir, buka jam 7 pagi. Eh btw dinda kok Medan terus reviewnya, lagi based di Medan kah or lagi business trip aja.

    Like

  2. Adinda Erisyanita 4 February, 2008 at 10:08 am #

    iyah, udah dicatet tapi print-printannya ketinggalan di jakarta :p
    mana di kamar ga ada sinyal gprs, jadi ga bisa browsing 😦
    sebenernya pengen juga nyoba mie aceh titi bobrok, tapi katanya rada jauh ya? ribet juga klo naik betor malem-malem, hehehe…

    ngga kok rie, cuma short trip, soalnya temen gw merid di medan. di medan cuma semalem, habis itu ke siantar 2 malem ngunjungin tante.

    Like

  3. Alamanto Hamzah 4 February, 2008 at 2:41 pm #

    wah asyik dong Dinda……hehehe

    Like

  4. Adinda Erisyanita 4 February, 2008 at 2:43 pm #

    waks, ternyata mas alam di sini juga πŸ™‚
    masih di aceh?

    Like

  5. Arie Parikesit 4 February, 2008 at 2:46 pm #

    pas di Siantar kudu Ke Kedai Kopi Kok Tong yang banyak makanan juga, tapi ati2 beberapa non-halal, trus nyoba Roti jadul Ganda.

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: