Ayat Ayat Cinta – The Novel

3 Mar
Ayat Ayat Cinta

Ayat Ayat Cinta

Saya beli novel ini tahun lalu di inibuku, toko buku online langganan saya. Agak ngga sengaja juga sih, karna niat saya cuma mau nggenepin total pembelian saya supaya gratis ongkos kirim (hehehe), dan Laskar Pelangi-nya Andrea Hirata kurang mahal harganya. Berbulan-bulan nganggur, akhirnya beberapa minggu yang lalu posisinya pindah dari rak buku ke dalem tas kerja saya karna denger-denger filemnya mau beredar.

Setuju sama pendapat sebagian orang, buat saya AAC adalah novel roman dengan “bumbu” dakwah. Makanya terasa enteng dan best-selling, karna temanya populis, apalagi klo bukan tentang cinta. Tokoh utamanya adalah Fahri, mahasiswa S2 di Universitas Al Azhar (Mesir), dan beberapa perempuan yang tergila-gila sama dia, hehehe. Di novel ini diceritakan betapa Fahri berjuang keras untuk pendidikannya, serta menjaga diri dan imannya dari cobaan alam maupun manusia. Manusia ini termasuk perempuan-perempuan yang digambarkan mengharap cintanya, dan ada yang rela melakukan segala cara agar bisa menikah dengannya.

Setuju juga sama pendapat yang bilang kekuatan novel ini ada di penggambaran Mesir yang detil, jadi imajinasi pembaca bener-bener kebawa untuk memvisualisasikan keadaan yang sebenernya. Sayang, review orang-orang dan cerita sang sutradara tentang versi layar lebarnya malah ngga bagus, terlalu banyak adegan dalam-ruangan, bikin saya ngga tertarik untuk nonton filemnya.

Saya ngga terlalu terganggu sama penggambaran sosok Fahri yang “sempurna” (karna menurut saya dia ngga sempurna, hehehe). Yang buat saya agak mengganjal adalah hal-hal yang dilakukan oleh penggemar Fahri agar mendapatkan cintanya. Masa perempuan-perempuan solehah bisa berbuat seperti itu? Menurut saya agak ngga adil aja sih, Fahri yang soleh digambarkan “sesempurna” itu, sementara perempuan-perempuan solehah di sekelilingnya digambarkan “secacat” itu.

Secara keseluruhan, menurut saya ini novel yang bagus dan menghibur, alur ceritanya mengalir lancar, selipan dakwahnya juga menyejukkan bathin. Tapi klo belom pernah baca pun ngga usah sedih, Anda ngga terlalu rugi kok πŸ˜€

foto diambil dari
hxxp://www.pdat.co.id/hg/newbooks_pdat/2006/12/18/Ayat-Ayat%20Cinta.jpg

2 Responses to “Ayat Ayat Cinta – The Novel”

  1. Dira Gèùlís 28 March, 2008 at 1:22 pm #

    Teh Nda…Laskar Pelangi mau dibikin pilemnya…Kira-kira yang jadi Ikal sapa nich??? Asal jangan Tora Sudiro aja ya hahaha :))
    Join yuk di http://www.goodreads.com

    Like

  2. Adinda Erisyanita 28 March, 2008 at 1:51 pm #

    belom baca bukunya :”>

    Like

Leave a Reply

