His Dark Materials Trilogy

24 Apr
His Dark Materials

His Dark Materials

His Dark Materials (HDM) adalah seri novel trilogi bikinan Philip Pullman, yang terdiri dari The Golden Compass (a.k.a. The Northern Light), The Subtle Knife, dan The Amber Spyglass. Tokoh utamanya bernama Lyra Belacqua, seorang gadis pra-remaja dari dunia di mana setiap individu memiliki dæmon, yakni manifestasi fisik (berbentuk binatang) dari jiwa seseorang. Di dunia Lyra, Gereja memegang kekuasaan yang sangat besar, dan mengendalikan semua aspek kehidupan individunya.

Adalah Dust, partikel kasat mata yang menurut Gereja merupakan penyebab manusia berbuat dosa. Demi menciptakan dunia yang tentram, Gereja berusaha mencari cara memusnahkan Dust. Salah satu metoda yang diteliti adalah memisahkan manusia (anak-anak) dari dæmon-nya. Ketika Roger, sahabat Lyra, diculik untuk dijadikan kelinci percobaan, Lyra bertekad untuk menyelamatkan Roger.

Upaya penyelamatan ini ternyata berujung pada misi yang lebih besar lagi. Lyra berkelana lintas-dimensi, bertemu manusia dan makhluk berakal dari berbagai ras, untuk kemudian bersatu melawan Gereja dan Kerajaan Surga.

Karna ini cerita fantasi, selain manusia di HDM juga ada karakter dari bangsa Witches, Panserbjørne (armored bears), Angels, Mulefa (sejenis mamalia berkaki empat), dan Gallivespians (manusia kerdil). Meski Lyra digambarkan berumur 12 tahun (di buku pertama), tapi seri HDM menurut saya ngga cocok buat anak kecil, karna ada muatan sadisme (adegan berantem dan makan daging mentah *yuch*), serta proses “dewasa”-nya Lyra dan Will (tokoh utama pria). Eh tapi 12 taun mah bukan anak kecil kali yah, tapi ABG 😀

Ceritanya seru dan kompleks, tapi kadang ritmenya terlalu cepet. Terlalu cepet aja setebel itu, apalagi klo ritmenya dilambatin yah, bisa berbulan-bulan kali saya ngabisinnya, hehehe. Dari nge-google, saya baru tau klo Pullman adalah atheis-agnostis, dan HDM disebut-sebut sebagai caranya dia meng-Atheis-kan anak-anak. Buat saya mah biasa aja, karna isu atheisme ngga dibahas mendalam, ngga bikin saya sebagai pembaca jadi tertarik buat mengeksplorasi lebih lanjut.

Overall verdict pantas dibaca.
Buat gambaran aja, ini sebagian penghargaan yang udah dimenangin HDM (sumber: Wikipedia):
– Whitbread Book of the Year award tahun 2001 untuk The Amber Spyglass. Whitbread adalah penghargaan prestisius bidang sastra di Inggris. Ini pertama kalinya penghargaan tersebut dimenangkan oleh buku yang masuk kategori “children’s literature”.

– Carnegie Medal kategori novel anak-anak di UK tahun 1995 untuk The Northern Lights. Tahun 2007 juga dipilih juri CILIP Carnegie Medal sebagai salah satu novel anak-anak paling menonjol dalam 70 tahun terakhir.

– Astrid Lindgren Memorial Award tahun 2005 untuk sastra anak dan remaja. Bagi bangsa Swedia, penghargaan ini adalah terbaik kedua setelah Nobel Sastra.

Foto sampul diambil dari
hxxp://ec1.images-amazon.com/images/I/51TS1XAVGXL.jpg

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: