Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004)

17 Jul
Eternal Sunshine of the Spotless Mind

Eternal Sunshine of the Spotless Mind

Adalah Joel (Jim Carrey) dan Clementine (Kate Winslet), dua insan yang ngga sengaja ketemu dan ngerasa cocok, lalu memutuskan untuk pacaran. Sifat Joel yang pasif dan Clem yang meledak-ledak, membuat hubungan mereka sering diwarnai pertengkaran. Sampai akhirnya mereka bertengkar hebat, Clem memutuskan pergi dari apartemen, dan mereka ngga kontak berhari-hari. Tiga hari menjelang Valentine, Joel mengunjungi toko buku tempat Clem bekerja, dengan niat untuk minta maaf sama Clem. Ngga disangka, ternyata Clem sama sekali ngga ingat siapa Joel, malah terang-terangan mencium pria lain di depan Joel.Di episod terakhir dari musim keempat serial Sex and the City, Carrie Bradshaw pernah bertanya: “Can you make a mistake and miss your fate?” Soal takdir dan nasib adalah tema yang ngga akan habisnya klo dibahas. Mungkin itu sebabnya manusia dari dulu terobsesi sama time machine, karna keinginan terpendamnya adalah bisa kembali ke masa lalu dan memperbaiki kesalahan yang (pernah / akan) mereka buat. Eternal Sunshine of the Spotless Mind (ESSM) ini memandang nasib dan takdir dari sudut yang jauh berbeda.

Dari selidik sana-sini, Joel tau bahwa beberapa hari sebelumnya, Clem pergi ke Lacuna Inc. untuk melakukan prosedur penghapusan memori, yakni memori tentang Joel dan hubungan mereka. Joel merasa sakit hati, dan pergi ke Lacuna Inc. juga untuk melakukan hal yang sama, menghapus memori tentang Clem. Proses terhapusnya memori digambarkan dengan adegan-adegan flashback yang bagus, ngga garing maupun overdramatis. Ada atmosfir sedih yang terpancar waktu kenangan-kenangan indah mereka terpampang untuk kemudian dihapus selamanya.

Akhirnya proses penghapusan memori Joel (dan Clem) sama-sama sukses, tapi cerita ngga berhenti di situ. Mirip cerita tentang time machine, ESSM juga mendukung konsep bahwa ada yang namanya nasib dan takdir. Ada hal dan kejadian yang emang udah digariskan oleh Tuhan Yang Mahakuasa, dan apapun yang kita lakukan ngga akan bisa ngubah itu. Buat saya, filem ini ide ceritanya bagus, sci-fi tapi ngga terlalu mengawang-awang. Penggambarannya juga bagus, bikin saya penasaran gimana akhir kisah cinta Joel dan Clem. Unik tapi logis, romantis tanpa norak, OK banget lah!

Gambar poster diambil dari Wikipedia.

Advertisements

One Response to “Eternal Sunshine of the Spotless Mind (2004)”

  1. Galuh Andaru 8 March, 2009 at 11:35 am #

    yup, bagus emang..

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: