Nasi Kapau Uni Lis (Bukittinggi)

4 Apr

Uni Lis

Kalau boleh menyebut Uni di Bukittinggi yang paling terkenal se-Indonesia Raya, Uni Lis ini salah satunya. Uni Lis punya 2 kios di Pasar Ateh, saya datang ke cabang Los Lambung yang lagi dijaga sama kakaknya. Kakaknya uni ini lucu tapi mukanya lempeng, hehehe. Waktu temen saya iseng nanya, “Uni, apa bedanya Uni Lis sama Ni Lis (kios sebelahnya)?” dijawab “Klo Uni Lis pake “u”, klo Ni Lis ngga pake “u”. Dowengggg. Di Los Lambung ini banyak kios nasi kapau lain yang menunya mirip-mirip. Menurut info sih, Uni Lis ini pangsanya turis jadi lebih mahal, sementara orang lokal lebih suka makan di tempat lain. Tapi daripada salah pilih, saya ambil yang pasti-pasti ajaaa.

Seporsi nasi kapau dihargai 20rb, terdiri dari nasi, sayur gulai kol & kacang panjang, remahan dendeng/rendang, sambal, serta 1 lauk. Pilihan lauknya yang saya inget ada ayam goreng, pangek ikan, gulai tunjang (kikil), gulai limpa, gulau tambusu (usus), dendeng balado, dendeng batokok, rendang ubi, dan rendang ayam. Kenapa ngga ada rendang daging? Menurut kakaknya Uni Lis, masakan Kapau ngga mengenal rendang daging. Tapi kayaknya sih karena kios yang di Los Lambung itu memang ngga selengkap yang di atas.

Kami makan berenam jadi bisa pesan dan icip-icip macam-macam, dan menurut saya semuanya enakkk (saya ngga coba ayam dan ikan). Kalau gulai tambusu di Jakarta kan harus dimakan sama kuah, karena isian telur + tahunya kurang berbumbu. Sementara gulai tambusu di Uni Lis ini full isi telur dengan bumbu melimpah dan meresap, dimakan kering aja enak banget deh. Tapi karena rasanya terlalu “rich”, agak kurang cocok digado, harus dimakan sama nasi.

 

Nasi Kapau Uni Lis
Pasar Wisata Lantai Dasar No. 29, Bukittinggi
Los Lambung, Pasar Ateh, Bukittinggi

Advertisements

5 Responses to “Nasi Kapau Uni Lis (Bukittinggi)”

  1. Ilhamdi a.k.a andikobe 10 February, 2014 at 9:37 pm #

    WAGH! taragak jo kampuang

    Like

  2. Keadilan 17 August, 2016 at 7:34 am #

    nasi kapau uni lis Bukit Tinggi adalah resto Minang yang sangat tidak disarankan sekarang, sangat mahal, rasa biasa saja dan pelayanan buruk. Kasirnya menyebalkan, menghitung seenaknya, diminta kwitansi dan perincian harga karena saking mahalnya malah cemberut. Dendengnya sekeras kayu triplek! Masih ada ribuan resto Minang yang jauh lebih enak, jauh lebih murah dan jauh lebih menyenangkan! Kunjungan tanggal 16 Agustus 2016 adalah kunjungan terakhir seumur hidup saya sekeluarga!

    Like

    • Dinda 17 August, 2016 at 11:19 am #

      Wah, sayang sekali ya. Turut berduka atas pengalaman buruknya, terima kasih sudah meng-update.

      Like

Trackbacks/Pingbacks

  1. Minang Food (bagian 1) | Going Solo - 12 May, 2013

    […] lebih lengkap ada di sini ya. Di Nasi Kapau Uni Lis, seporsi nasi kapau dihargai 20rb, terdiri dari nasi, sayur gulai kol […]

    Like

  2. Hello Guest House (Bukittinggi) | Going Solo - 3 July, 2013

    […] sedang mekar. Sayangnya kami ngga sempat nyobain masakan Ling, karena pagi itu pengen sarapan di Nasi Kapau Uni Lis, hehehehe. Lokasi Hello cukup dekat dengan Jam Gadang, jalan kaki sekitar 5 menit. Posisinya bukan […]

    Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: