Sejatinya Empal Gentong (Cirebon)

20 Jan

Untuk makan Empal Gentong, ngga perlu jauh-jauh ke Cirebon atau mencari resto spesialis makanan Cirebon. Cukup datang ke resepsi pernikahan sahabat atau kerabat, kemungkinan menu Empal Gentong tersedia di salah satu gubukan, hahahaha. Selama ini referensi makan Empal Gentong saya ya begitu, mostly dari gubukan prasmanan, serta sesekali makan di warung, atau stand Empal Gentong saat festival makanan.

Dari interaksi ini, saya punya penggambaran sendiri mengenai Empal Gentong: sejenis soto daging bersantan dengan aroma sedikit mirip jamu. Iya, mirip jamu karena bumbunya (kunyit?) kuat, dan nyaris selalu saya temukan baik di gubukan prasmanan maupun warung yang mengaku asli Cirebon. Not my cup of tea, definitely. Semua berubah ketika negara api menyerang saya berkunjung ke Cirebon.

Empal Gentong asli itu seperti soto betawi: mulus, gurih dengan banyak kemiri, dan penuh citarasa dari bumbu-bumbu lainnya. Apalagi setelah ditambah bubuk cabe yang setia menanti di meja makan. Duh, rasanya kepingin tenggelam di dasar mangkuk dan ngga timbul lagi *lebay*. Serius, saya ngga berhenti menyendok kuahnya sampai habis, sesuatu yang ngga pernah saya lakukan di puluhan mangkok Empal Gentong yang pernah saya rasakan sebelumnya. Buat saya, pertama kali makan Empal Gentong ya di Cirebon kemarin. Titik.

 

Empal Gentong Krucuk
Jl. Slamet Riyadi no. 1, Cirebon
(plang warna orange, tepat sebelah Bank BTN)

One Response to “Sejatinya Empal Gentong (Cirebon)”

Trackbacks/Pingbacks

  1. Hotel Citradream Cirebon | Going Solo - 20 May, 2016

    […] dan ayam goreng kecil-kecil. Tapi mumpung di Cirebon,Β lebih enak sarapan nasi jamblang atau empal gentong […]

    Like

Leave a Reply

