Archive | *** yummy RSS feed for this section

Warung Nasi Ampera

30 May

Perkenalan saya dengan Warung Nasi Ampera dimulai bertahun-tahun yang lalu, jaman masih kuliah di Bandung. Saya mengingatnya sebagai resto yang menyajikan makanan panas dan lauk beragam. Harga memang lebih mahal daripada warung, tapi ngga semahal resto beneran juga. Zaman ngantor di Cikini, saya juga kenal Ampera yang 1 lagi yaitu Ampera 2 Tak. Beda resto sih, tapi makanannya mirip, hehehehe.

Saya termasuk yang senang waktu Ampera buka cabang di dekat rumah ortu. Saya kadang sengaja mampir dulu, semacam me time sebelum ke rumah ortu, hahaha. Saya paling suka bakwan jagung, pepes (terutama telor asin), dan gorengan aneka jeroan. Ditambah nasi panas, lalapan, dan sambel yang unlimited, beuuuh.

Balik lagi ke menunya yang beragam, Ampera ini bisa memuaskan hampir semua orang. Untuk orang tua ada menu ayam & ikan yang klasik, yang berjiwa petualang (kayak saya) bisa pilih jeroan, gepuk daging, & sate seafood (cumi/udang), untuk anak-anak pun ada sosis dan bakso goreng. Harga makanan juga masuk akal, lauk protein mulai belasan ribu per potong, aneka jus juga belasan ribu saja. Area duduknya ada yang meja-kursi biasa, ada juga beberapa tempat lesehan kalau mau makan sambil selondjoran.

 

Warung Nasi Ampera
Jl. TB Simatupang No.2
Tanjung Barat, Jakarta Selatan

Warung Nasi Ampera Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

Miss Bee Providore (Bandung)

22 May

 

Miss Bee Providore adalah salah satu tempat yang sering saya dengar/baca rekomendasinya, baik dari teman-teman maupun dari internet. Ketika saya masuk dari area parkiran mobil, yang pertama terlihat adalah resto mungil bernama Rabbit Hole, yang keliatan penuh pernak-pernik. Tapi berhubung niatnya emang mau ke Miss Bee, jadi saya skip aja. Belakangan saya tahu bahwa Rabbit Hole menjual waffle, bahn mi (Vietnamese sandwich), dessert, dan aneka minuman.

Saya naik ke bangunan utama Miss Bee Providore yang terdiri dari 3 area duduk: di dalam ruangan, di luar ruangan, dan di dalam rumah kaca. Berhubung saya datang jam 11 dan paginya udah sarapan buffet di hotel, saya ngga pesan makanan utama. Saya memilih Portobello Mushroom Fries, yang terbuat dari jamur portobello yg dipotong-potong, lalu dilumuri adonan tepung sebelum digoreng. Porsinya cukup besar, disajikan dengan saus tartar dan saus asam-manis a la Thai, serta seporsi salad sayuran yang ngga basa-basi. Jamur gorengnya garing, bumbu kulitnya pas, saladnya juga enak dan segar.

Untuk makanan penutup, saya mencoba menu dari Rabbit Hole yang ternyata bisa dipesan langsung ke pramusaji Miss Bee. Saya kepingin Frozen Profiteroles, kulit sus yang ditumpuk di atas 1 scoop eskrim, lalu diberi serutan cokelat, kacang almond, dan dimakan dengan saus cokelat. Pas datang ternyata ada 3 profiteroles ukuran jumbo yang cukup untuk dibagi bertiga. Berhubung cuma datang berdua, yang niatnya cuma ngemil malah jadi kekenyangan, hahahaha. Total pengeluaran untul 2 makanan di atas + 2 minum ngga sampai 200rb.

Di halaman Miss Bee ada taman dengan mainan anak dan kandang berisi kelinci-kelinci lucu. Di dekat area duduk juga ada area bermain anak. Cocok sekali untuk didatangi bersama keluarga. Makanan dan minumannya enak, harga masuk akal, pelayanannya baik. Suasana resto juga nyaman, serta cantik untuk difoto. Ngga heran kalau Miss Bee Providore banyak dapat rating bagus di situs-situs pribadi maupun kuliner.

 

Miss Bee Providore
Jl. Rancabentang No.11A, Ciumbuleuit, Bandung
Buka setiap hari jam 7 – 23

Rabbit Hole
Jl. Rancabentang No.11A, Ciumbuleuit, Bandung
Buka setiap hari jam 10 – 21
Rabbit Hole Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

Ayam Geprek Bu Rum (Yogya)

6 May

Apakah ayam geprek itu? Apa bedanya dengan ayam penyet? Jadi… Klo ayam penyet dibuat dari sambel dan ayam yang dipukul sampai ayamnya gepeng (penyet = gepeng), ayam geprek membawanya ke level lain yakni dipukul & diulek sampai ayamnya hancur (lihat foto). Ayamnya bukan ayam presto lho, tapi ayam goreng biasa (atau ayam goreng tepung) lengkap dengan tulang-tulangnya yang masih keras…

Makanan ini pertama kali ‘diciptakan’ di Yogya (please CMIIW), tahun 2003 oleh Bu Rum. Sampai tulisan ini dibuat, Bu Rum udah punya 7 cabang di Yogya. Rata-rata model warung tenda gitu sih, tapi yang di Wonosari bangunan permanen bagus. SOP-nya unik, kita ambil piring, nasi, dan lauk sendiri, lalu bilang sama ‘chef’-nya mau berapa cabe. Nanti chef akan mengulek sambel (cabe, bawang, garam, terasi, tomat, dan VETSIN), menghancurkan lauk di atas sambel, dan ayam geprek siap disantap.

Rasanya? Enak banget. The beauty is in its simplicity. Jangan heran klo tau-tau nambah nasi aja (termasuk saya, hahahaha). Harganya juga murah banget, saya makan dengan 3 lauk + minum cuma bayar 15rb. Karena murah, enak, dimasak satu-persatu, dan lokasinya di beberapa titik kantong mahasiswa, Bu Rum selalu antri parah saat jam makan. Usahakan datang pas non-peak hour, atau pesan lewat ojek daring aja.

 

Ayam Geprek Bu Rum
Jl. Wulung Lor, Yogyakarta
(dekat Univ. Sanatha Dharma Jl. Affandi)

Yoshinoya

24 Jan

yoshinoya

Saat jalan-jalan di Mal dan menjelang waktu makan, ada kalanya saya kepingin nyobain resto baru untuk mendapatkan elemen kejutan, tapi ada juga saatnya saya balik ke selera asal yang predictable. Yoshinoya ini masuk kategori resto yang kedua. Saya bisa memastikan saya akan dapat nasi yang pulen, potongan daging yang lembut dan dibumbui dengan baik, serta sup miso yang gurih.

Selain original beef bowl kesukaan saya, ada juga versi beef bowl dengan bumbu yakiniku, blackpepper, juga shrimp bowl, chicken bowl, dan veggie bowl buat yang vegetarian. Harganya cukup terjangkau, mulai dari 30rb-an sebelum pajak untuk makanan utama di sana. Buat saya sih ini lebih baik daripada makan di resto cepat saji ala Amerika.

Bumbu dagingnya tidak pedas (kecuali varian hot), jadi anak-anak pun bisa ikutan makan. Atau sekalian aja pesan menu dari Kids Meal-nya. Oh iya, Yoshinoya juga punya sertifikat halal yang masih berlaku sampai 2018.

 

Yoshinoya 
Mall Ambassador Lt.4
Jl. Prof Dr Satrio, Kuningan, Jakarta

Yoshinoya Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

Bakmi Mustika

25 Dec

bakmi-mustika

Kalau ngomong soal bakmi/mie ayam enak di Jakarta, referensi terbanyak letaknya di daerah kelapa gading atau kota, dan sebagian besar non halal. Ini saya kenalkan mie ayam enak di daerah yg jauh dari pusat kuliner 😁

Mienya kenyal dan gurih, baksonya juga padat dan berasa banget dagingnya. Kuahnya lumayan lah meski ngga wow banget. Tapi saya bisa bilang ini salah satu mie ayam halal terenak di sepanjang Jl. Raya Bogor. Selain mie ayam, mereka juga sedia mie goreng dan nasi goreng. Tapi saya ngga pernah coba, karena tiap ke sana selalu pesan mie ayam.

Tempatnya ngga banget, warung kecil dan jelek, cuma ada 4 meja yg muat sekitar 20 orang. Tapi pengunjungnya silih-berganti dan ngga pernah sepi. Ancer2nya kalau dari lippo kramat jati ke arah pasar rebo/hek, ini sesudah lampu merah pusdikkes/mustika/kampung makassar, kira2 warung ketiga, sebelum dealer motor Y. Buka siang saja, jam 5-an sudah tutup.

 

Bakmi Mustika
Jalan Raya Bogor No. 3,
Kramat Jati, Jakarta Timur
(bisa search google maps dengan keyword: bakmi mustika)

Bakmi Mustika Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

Roti Comel 

18 Dec

Comel = Coklat Meleleh, isian roti memang dari potongan coklat Cadbury yang meleleh saat dipanggang. Cocok buat yang suka manis, enak-enak semua. Roti Comel original disajikan dengan susu kental manis dan parutan keju. Untuk kenikmatan (dan kemanisan) ekstra, bisa ditambah ovomaltine, oreo, cha cha, beng beng, eskrim, dan sebagainya.

Ada juga indomie goreng/rebus aneka topping, juga pancake & dan waffle. Untuk topping pancake/waffle banyak yg manis, tapi ada juga yang asin misalnya Barbecue Chicken. Oh iya, kalau ngga suka roti isi cadbury, bisa pilih isian selai, kornet, telur, dsb. persis kayak kedai roti bakar lainnya.

Harga makanan dan minumannya murah banget, mulai dari di bawah 10rb. Saya datang berempat dengan teman-teman, total pesan 5 porsi makanan & 6 porsi minum, cuma habis 110rb. Plus dikasih complimentary bakpau isi duren yang ternyata enak juga.
 
 
Roti Comel
Jl. Raya Pasar Minggu No.29B (samping 7 Eleven Pancoran)
Pancoran, Jakarta Selatan
Jam buka: 17:30 – 02:00
https://www.instagram.com/roticomel/

Roti Comel Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

Cuanki Salju

14 Dec

Di dalam kemasan Cuanki Salju, ada beberapa butir somay (yg bentuknya mirip otak-otak), tahu baso, kerupuk pangsit, dan kerupuk batagor. Bumbunya ada bumbu bubuk, cabe, dan bawang goreng. Udah ada logo halalnya juga.

Cara membuatnya tinggal diseduh air panas, tapi saya memilih direbus biar empuk semua. Rasanya enakkk. Somaynya (yang mirip otak-otak) cukup berasa aroma ikannya. Tahunya gurih, kerupuk batagornya juga enak, kenyal2 setelah direbus. Kuahnya gurih-asin, tentu dengan aroma MSG yg kuat, hahahaha. Tingkat kepedesan bisa diatur sesuai banyaknya bubuk cabe yg ditambahkan.

Klo disuruh kasih rating keseluruhan, saya kasih 8/10 deh. Rasanya enak, udah ada logo halalnya, cocok buat alternatif makanan praktis selain mi instan.

%d bloggers like this: