Tag Archives: chicken

Warung Nasi Ampera

30 May

Perkenalan saya dengan Warung Nasi Ampera dimulai bertahun-tahun yang lalu, jaman masih kuliah di Bandung. Saya mengingatnya sebagai resto yang menyajikan makanan panas dan lauk beragam. Harga memang lebih mahal daripada warung, tapi ngga semahal resto beneran juga. Zaman ngantor di Cikini, saya juga kenal Ampera yang 1 lagi yaitu Ampera 2 Tak. Beda resto sih, tapi makanannya mirip, hehehehe.

Saya termasuk yang senang waktu Ampera buka cabang di dekat rumah ortu. Saya kadang sengaja mampir dulu, semacam me time sebelum ke rumah ortu, hahaha. Saya paling suka bakwan jagung, pepes (terutama telor asin), dan gorengan aneka jeroan. Ditambah nasi panas, lalapan, dan sambel yang unlimited, beuuuh.

Balik lagi ke menunya yang beragam, Ampera ini bisa memuaskan hampir semua orang. Untuk orang tua ada menu ayam & ikan yang klasik, yang berjiwa petualang (kayak saya) bisa pilih jeroan, gepuk daging, & sate seafood (cumi/udang), untuk anak-anak pun ada sosis dan bakso goreng. Harga makanan juga masuk akal, lauk protein mulai belasan ribu per potong, aneka jus juga belasan ribu saja. Area duduknya ada yang meja-kursi biasa, ada juga beberapa tempat lesehan kalau mau makan sambil selondjoran.

 

Warung Nasi Ampera
Jl. TB Simatupang No.2
Tanjung Barat, Jakarta Selatan

Warung Nasi Ampera Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

Ayam Geprek Bu Rum (Yogya)

6 May

Apakah ayam geprek itu? Apa bedanya dengan ayam penyet? Jadi… Klo ayam penyet dibuat dari sambel dan ayam yang dipukul sampai ayamnya gepeng (penyet = gepeng), ayam geprek membawanya ke level lain yakni dipukul & diulek sampai ayamnya hancur (lihat foto). Ayamnya bukan ayam presto lho, tapi ayam goreng biasa (atau ayam goreng tepung) lengkap dengan tulang-tulangnya yang masih keras…

Makanan ini pertama kali ‘diciptakan’ di Yogya (please CMIIW), tahun 2003 oleh Bu Rum. Sampai tulisan ini dibuat, Bu Rum udah punya 7 cabang di Yogya. Rata-rata model warung tenda gitu sih, tapi yang di Wonosari bangunan permanen bagus. SOP-nya unik, kita ambil piring, nasi, dan lauk sendiri, lalu bilang sama ‘chef’-nya mau berapa cabe. Nanti chef akan mengulek sambel (cabe, bawang, garam, terasi, tomat, dan VETSIN), menghancurkan lauk di atas sambel, dan ayam geprek siap disantap.

Rasanya? Enak banget. The beauty is in its simplicity. Jangan heran klo tau-tau nambah nasi aja (termasuk saya, hahahaha). Harganya juga murah banget, saya makan dengan 3 lauk + minum cuma bayar 15rb. Karena murah, enak, dimasak satu-persatu, dan lokasinya di beberapa titik kantong mahasiswa, Bu Rum selalu antri parah saat jam makan. Usahakan datang pas non-peak hour, atau pesan lewat ojek daring aja.

 

Ayam Geprek Bu Rum
Jl. Wulung Lor, Yogyakarta
(dekat Univ. Sanatha Dharma Jl. Affandi)

Berlin Döner

20 Sep

berlin-doner

Kedai ini baru buka beberapa bulan yang lalu di Plaza Festival. Posisinya di tengah, dekat gerai roti BreadTalk, bekas dulunya ShareTea berada. Kedai juga berfungsi sebagai dapur untuk menyiapkan pesanan, lalu sisi luarnya diberi kursi-kursi tinggi seperti yang ada di bar (bar stools). Konsepnya memang bukan tempat nongkrong berlama-lama.

Ada pilihan Roti Pita (The Döner) dan Kentang Goreng (The Böx) untuk menemani grilled chicken dan sayurannya. Sayur-sayurannya terdiri dari selada, tomat, kyuri, red cabbage, red onion, dan jalapenos. Untuk pilihan sausnya ada saus garlic, saus yogurt, dan saus pedas. Saya memilih The Böx dengan semua sayuran dan campuran ketiga saus (hehehehe). Rasanya enak. Kentang dan ayamnya dibumbui dulu sebelum dimasak, jadi meresap ke seluruh bagian. Sausnya juga pas asam-gurih-pedasnya. Kalau tidak suka saus yang banjir seperti foto di atas, mintalah staf untuk mengurangi sausnya.

Saya sempat curi-curi dengar, katanya kalau aslinya di Jerman sana, ayamnya dipanggang sampai kering dan teksturnya kriuk-kriuk. Berlin Döner awalnya mengikuti pakem tersebut, tapi ternyata banyak pelanggan yang protes karena ayamnya terlalu kering. Jadi sekarang mereka memilih untuk memanggang tidak sampai kering. Pelanggan bisa memesan versi ayam yang kering jika menginginkannya.
 

Berlin Döner
Plaza Festival lt. UG
Jl. HR Rasuna Said, Jakarta Selatan

Berlin Doner Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

BillieChick

13 Sep

billiechick

BillieChick punya menu yang cukup ekstensif, cocok untuk makan bersama orang-orang yang seleranya berbeda-beda. Kelemahan dari resto seperti ini adalah tidak semua makanannya enak, meski bukannya ngga enak juga. Menurut saya, BillieChick cukup kuat di menu Asia, tapi agak kendor di masakan Italia. Harga makanan dimulai dari 30rb-an untuk makanan pembuka, 40rb-an untuk makanan utama, dan 30rb-an untuk aneka minuman. BillieChick punya beberapa cabang yang tersebar di Jakarta, Magelang, dan Yogyakarta.

Foto di atas adalah Chicken Cordon Bleu, masakan ayam yang diisi keju dan irisan smoked beef, lalu dibalur tepung roti sebelum digoreng. Daging ayamnya cukup tebal, dimasak dengan kematangan yang pas dan tidak kering. Isian kejunya meski tidak meleleh-leleh tapi tetap terasa. Sayang irisan smoked beef-nya kurang banyak, hahahaha. Ayam disajikan dengan sayuran, kentang goreng atau kentang tumbuk (mashed potatoes), dan semangkuk saus coklat yang gurih. Saya memilih kentang tumbuk yang ternyata enak sekali, gurih dan creamy tanpa eneg. Semua disajikan dengan porsi yang banyak dan mengenyangkan. Menu lain yang cukup recommended adalah Tom Yam Noodle dan Oxtail Fried Rice.

 

BillieChick
Kota Kasablanka Lt.UG (Food Society)
Jl. Casablanca Raya, Jakarta Selatan

Billiechick Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

Ayam Goreng Berkah Rachmat

14 Jun

RM Berkah

Ini mungkin salah satu resto ayam goreng paling hits di Jakarta. Ayam Goreng Berkah Rachmat menjual ayam kampung yang dibumbu dan goreng ala Kalasan. Bumbunya ngga medok, tapi meresap sampai ke dalam dan menonjolkan gurihnya daging ayam. Ukuran ayamnya ngga besar, 1 ekor ayam kira-kira cukup dimakan berdua.

Baiknya datang di luar jam makan, supaya lebih gampang dapat tempat duduk. Tapi jangan harap resto ini bakal sepi ya. Saya beberapa kali datang jam 4-5 sore pun masih rame. Ngga heran kalau usaha yang berdiri sejak tahun 1962 ini (dulunya berjualan pakai gerobak) masih bertahan sampai sekarang, bahkan semakin maju. Highly recommended!

 

Ayam Goreng Berkah Rachmat
Jl. Panglima Polim XIII, Melawai

Ayam Goreng Berkah Rahmat Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

Botak Jones (Singapore)

20 Oct

Botak Jones

Botak Jones adalah chain restoran asli Singapore yang menyajikan masakan Amerika seperti burger, hot dog, fish & chips, dan steak. Pertama berdiri pada 2003, dalam beberapa tahun Botak Jones sudah memiliki belasan cabang di seluruh Singapore. Ada cabang yang hanya melayani menu halal, ada juga yang menunya lengkap dengan olahan pork.

Tahun lalu saya berkunjung ke cabang halal di East Coast Road, dekat dengan restoran 328 Katong Laksa. Harga burger mulai dari S$10, sementara untuk steaknya S$25. Saya memesan cheese burger yang datang dalam porsi besar. Patty-nya terasa meaty, kentang gorengnya enak dengan potongan yang agak tebal dan diberi bumbu. Saya sampai ngga habis saking banyaknya hahahaha, jadi malah ngga bisa pesan dessert.

Secara keseluruhan makanannya lumayan enak, tapi ngga wow banget. Untuk burger, mungkin saya lebih pilih makan di Carl’s Jr yang lebih murah, tapi kan di Jakarta juga ada ya, hahahaha. Kalau untuk steak di Singapore, saya cukup puas makan di Astons Specialities, harga terjangkau dan banyak pilihan.

 

Botak Jones
37 East Coast Road, Singapore
http://www.botakjones.com/
(Botak Jones cabang East Coast sudah tutup, tapi cabang lain masih ada)

Sop Ayam Pak No Solo

22 Sep

WP_20150507_12_05_59_Pro

Harganya sangat terjangkau, mulai dari belasan ribu untuk aneka sopnya. Bisa memilih bagian ayam tertentu (daging, kulit, sayap, paha, dsb.) atau campur kayak yang saya pesan. Sayang waktu itu uritannya ngga tersedia, kalau ada mungkin akan lebih menarik.

Kuahnya gurih dan light, enak kayak masakan rumahan. Potongan ayamnya juga banyak, padahal harganya cuma 20rb-an. Kalau suka sop yang berbumbu kuat dan ngilangin hidung mampet, di sini kurang cocok. Tapi kalau pengen sop ringan yang menyegarkan badan, boleh dicoba. Jangan tanya ancer-ancer lokasi warungnya ya, soalnya saya juga pesen via ojek daring, hahahaha.

 
Pak No Solo
Jl. Lebak Bulus Pondok No. 30,
Jakarta Selatan
Telp.: 0838 51088712

Pak No Solo Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

%d bloggers like this: