Tag Archives: Jakarta Timur

Bakmi Mustika

25 Dec

bakmi-mustika

Kalau ngomong soal bakmi/mie ayam enak di Jakarta, referensi terbanyak letaknya di daerah kelapa gading atau kota, dan sebagian besar non halal. Ini saya kenalkan mie ayam enak di daerah yg jauh dari pusat kuliner 😁

Mienya kenyal dan gurih, baksonya juga padat dan berasa banget dagingnya. Kuahnya lumayan lah meski ngga wow banget. Tapi saya bisa bilang ini salah satu mie ayam halal terenak di sepanjang Jl. Raya Bogor. Selain mie ayam, mereka juga sedia mie goreng dan nasi goreng. Tapi saya ngga pernah coba, karena tiap ke sana selalu pesan mie ayam.

Tempatnya ngga banget, warung kecil dan jelek, cuma ada 4 meja yg muat sekitar 20 orang. Tapi pengunjungnya silih-berganti dan ngga pernah sepi. Ancer2nya kalau dari lippo kramat jati ke arah pasar rebo/hek, ini sesudah lampu merah pusdikkes/mustika/kampung makassar, kira2 warung ketiga, sebelum dealer motor Y. Buka siang saja, jam 5-an sudah tutup.

 

Bakmi Mustika
Jalan Raya Bogor No. 3,
Kramat Jati, Jakarta Timur
(bisa search google maps dengan keyword: bakmi mustika)

Bakmi Mustika Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

Advertisements

Battle of Wajik

8 Dec

wajik

Sejak kecil, saya adalah penggemar berat wajik. Kakek (alm.) bahkan punya panggilan sayang “Bapak Wajik”, karena beliau sering membawa wajik untuk saya (dan cucu-cucunya yang lain). Buat yang belum tau, wajik adalah kue yang terbuat dari ketan, santan, dan gula yang dimasak, lalu dicetak dan dipotong-potong berbentuk belah ketupat atau jajaran genjang. Itu sebabnya di kartu remi, bentuk diamond juga disebut dengan wajik. Ibunda (alm.) juga pandai membuat wajik yang enak, tapi mungkin ini subjektif  😀

1. Wajik dari Pastel Ma’ Cik (foto atas kiri)

Walau terkenal sebagai produsen pastel, Ma’ Cik punya aneka pilihan kue tradisional dan modern di gerainya. Beberapa rasanya cukup memuaskan, tapi sisanya sih biasa saja, hehehe. Wajiknya termasuk dalam kategori biasa saja. Empuk dan manisnya sih pas, tapi kadang kita bisa menemukan butiran ketan yang masih keras di dalamnya. Harganya murah (Rp 3,700) dan ukurannya besar, jadi cukup mengenyangkan. dan sakit kalau buat nimpuk maling

2. Wajik dari Monami Bakery (foto bawah kiri & kanan)

Toko kue yang sudah berdiri sejak 30 tahun yang lalu ini punya kue-kue yang enak, harganya masuk akal, dan cabangnya bertebaran di Jakarta dan sekitarnya. Ngga heran kalau Monami ngetop banget di kalangan kantoran maupun rumahan, baik untuk konsumsi meeting maupun arisan. Untuk wajiknya sendiri, teksturnya lembut dan manisnya pas. Seluruh butiran ketannya empuk, ngga ada yang keras. Mereka juga punya pilihan wajik nangka (yang berwarna hijau) dengan aroma pandan dan nangka yang wangi. Kedua-duanya enak, dan dengan harga Rp 3,500 per potong, ukurannya juga pas.

3. Wajik dari Michelle Bakery (foto atas kanan)

Michelle Bakery mungkin ngga terlalu ngetop, karena dia ngga punya cabang di pusat kota Jakarta. Tapi kalau orang Bogor sih biasanya tahu, karena kue-kuenya super enakkk. Begitu buka kemasan wajik Michelle, aroma wangi gula merahnya langsung menyeruak. Rasanya juga ternyata seenak wanginya, lembut dan manisnya pas (mengulang kata ‘manisnya pas’). Tapi beneran deh, wajik ini adalah wajik terenak yang pernah saya makan, dan mungkin mengalahkan enaknya wajik bikinan (alm.) Ibunda. Harganya lebih premium, Rp 5,000 per potong, tapi sangat sesuai dengan rasanya.

Jadi kalau pengen wajik, saya sangat merekomendasikan untuk pesan di Michelle (dan pesan kue-kue Michelle yang lainnya, tentunya). Tapi kalau lokasinya terlalu jauh atau pas lagi main di mal, wajik Monami boleh lah sebagai pelipur lara. Baik wajik biasa (gula merah) maupun wajik nangka-nya sama-sama patoet dipoedjiken.

 

Pastel Ma’ Cik
Jl. Alternatif Cibubur No. 68, Cibubur

Monami Bakery
Plaza Adorama,
Jl. Kemang Raya No. 17, Jakarta Selatan

Michelle Bakery
Jl. Alternatif Cibubur no 9 (Sebelah Cibubur Point), Cibubur

Gokana Ramen & Teppan

26 Apr

Gokana Ramen & Teppan

Gokana Ramen & Teppan adalah salah satu dari sedikit resto Jepang dengan sertifikat Halal dari MUI. Menu andalannya adalah aneka ramen, bento, yakimeshi (nasi goreng), dan Japanese curry.  Meski nama restonya ada ‘teppan’-nya, tapi mereka ngga sedia teppanyaki, hehehehe.

Saya biasa makan Hot Ramen, ramen yang bisa dipesan tingkat kepedasannya. Kuahnya bisa memilih antara kaldu pedas, miso, soyu, dan kari. Sementara dagingnya bisa ayam, sapi, udang, dan katsu. Tampilannya sederhana (lihat foto), seperti mie kuah dengan irisan sayur, daging, sejenis bakso, dan telur rebus. Jangan berharap telur setengah matang dan meleleh isinya seperti di tempat ramen mahal ya, hehehehe.

Tapi rasanya cukup enak kok, bukan cuma semacam mie instan yang naik level. Kaldunya cukup terasa, dan tidak terlalu berminyak. Untuk makanan bento seperti aneka gorengan, teriyaki, dan yakiniku juga cukup enak. Ngga kalah dengan resto Jepang cepat saji merk sebelah. Sayang sebagian besar cabang Gokana ini di mal kecil atau pinggiran, bukan mal kelas atas. Untuk lokasi lain, bisa dicek di situs resminya.

 

Gokana Ramen & Teppan
Lippo Mall Kramat Jati, Ground Floor
Jakarta Timur
http://www.champ-group.com/gokana/
 
Gokana Ramen & Teppan Menu, Reviews, Photos, Location and Info - Zomato

R.M. Surya: Bakmi Ayam

26 Aug

image

Setiap ada anggota keluarga saya yg berulang tahun, Bakmi Ayam RM Surya wajib muncul di meja makan. Saya ingat pertama kali dikenalkan oleh (alm) ibunda, lebih dari 20 tahun yang lalu. Sejak saat itu, peringatan ulang tahun menjadi momen yang dinanti bersama.

Seporsi Bakmi Ayam dihargai 35ribu, lebih mahal dari rata-rata harga di tempat makan sekelasnya. Tapi jangan salah, porsinya bisa mengisi perut 3 orang dewasa dengan nyaman. Harus dibungkus ya, saya pernah coba makan di tempat ternyata porsinya jauh lebih sedikit.

Rasanya? Enak. Banget. Saya belom pernah nemu sodara, teman, dan mantan pacar yg ngga jatuh cinta pas nyobain. Bakmi goreng cap nama pahlawan maupun nama binatang mah lewattt. Oh iya, hasil akhir bakmi ini cenderung berminyak ya, jadi mungkin ngga semua orang cocok.

Gimana cara dapetinnya? RM Surya ini lokasinya deket Kramat Jati Plaza yg ada carrefournya. Klo dari arah Cililitan, sesudah KJP kira-kira 100m-an, kiri jalan. Klo udah liat RS Pusdikkes AD, berarti kelewat. Plangnya kecil dan posisinya di samping, sampai hari ini cat bangunannya masih berwarna hijau muda. RM Surya buka dari pagi sampai malam, tapi mending telepon dulu biar ngga nunggu lama masaknya (bakmi ayam kayaknya menu yg paling populer di sini). Oh iya, ada 1 hari dalam seminggu dia tutup, tapi saya lupa hari apa.

 

Rumah Makan Surya
Jl. Raya Bogor no.54
Kramat Jati, Jakarta Timur
Telp.: (021) 809 6039
 
Click to add a blog post for RM Surya on Zomato

Bakwan Malang Prima Cak Su

18 May
Bakwan Malang Cak Su

Bakwan Malang Prima Cak Su

Lagi-lagi hasil komporan Teh Cindy. Saya yang harus ngurus ATM BNI ke Rawamangun (cabang tempat saya buka), mau ngga mau (mau bangeeeet) mampir di Cak Su untuk makan siang. Sesuai pesan sponsor, saya cari yang tulisannya Cook by Cak Su. Ngga berapa lama, dua mangkok bakwan malang (bakso) campur udah tersedia. Ngga kok, saya ngga ngabisin dua2nya (meski mau sih…), yang 1 buat partner yang setia nganterin.

Kuahnya bening dan gurih, tapi kayaknya masih ada jejak vetsinnya. Pemeran utamanya juara semua deh, tahunya lembut, bakso uratnya kenyal tanpa alot, bakso polosnya ngga kebanyakan tepung, somay gorengnya garing dan enak. Saking puasnya, saya nambah 2 porsi lagi untuk dibungkus. Niatnya buat orang rumah, tapi tentu saja yang 1 porsi saya pajak sendiri 😀

Klo kata saya, baksonya Cak Su (he3x) lebih enak daripada bakso Erik di Matraman. Sayang tempatnya jauh banget, jadi ngga bisa sering2 ngebakso di sini. Oh iya, total kerusakan 4 porsi bakso, 1 jus alpukat & 1 es jeruk ngga sampai 50K.

 

Bakwan Malang Prima “Cak Su Kumis” sejak 1990
Pusat: Bojana Tirta 6 no 11,
Telpon: 92696256

%d bloggers like this: